Menentukan Arah Kiblat

Hasil gambar untuk menentukan arah kiblatMenentukan arah kiblat  merupakan hal yang penting diketahui oleh semua muslim, karena arah kiblat merupakan wasilah sah atau tidaknya solat seorang muslim. Bila solat merupakan kewajiban yang mendasar dan harus dikerjakan oleh setiap orang yang mengaku muslim,maka mengetahui arah kiblat juga merupakan kewajiban untuk diketahui setiap muslim, karena arah kiblat merupakan syarat sahnya solat. Ada cara sederhana menentukan arah kiblat dengan menggunakan bantuan matahari. Sebagaimana diketahui, para ahli telah mengidentifikasi bahwa pada hari kamis tepatnya 16 juli 2015, jam 16:27 matahari pada hari dan jam tersebut relatif melintas diatas ka'bah. Oleh karena itu pada jam tersebut setiap bayang-bayang benda atau tongkat atau semisalnya yang berdiri tegak pada permukaan bidang datar dan diukur dari ujung bayangan menuju tongkat, adalah tepat mengarah ke kiblat.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan uji arah kiblat, baik untuk masjid, mushola atau rumah. Yaitu sebagai berikut :

1. Persiapkan jam HP, kenapa jam HP, Karena jam HP bersifat universal, sedangkan jam rumah biasanya berbeda-beda satu dengan yang lainnya.  Jika perbedaan antar masing-masing jam rumah itu sampai lebih 3 menit,maka penentuan arah kiblat menjadi sia-sia. Hal ini dikarenakan waktu 3 menit bahkan lebih itu bisa merubah arah kiblat tidak sebagaimana mestinya. Maka dari itu lebih baik memakai jam HP yang bersifat universal.

2. Sediakan tongkat lurus panjang sekitar 1 meter, atau benda-benda lain yang lurus dan agak panjang.

3. Tempatkan tongkat atau benda lurus tersebut secara tegak diatas bidang datar, seperti lantai, ubin keramik, kayu dan sebagainya yang datar. Jika diperlukan gunakanlah bandul benang untuk mengukur kelurusan tongkat atau benda lain yang digunakan untuk uji coba tersebut.

4. Ketika tepat jam 16;27 perhatikanlah bayangan tongkat,beri tanda dengan spidol atau apa saja yang tidak mudah hilang, gariskan atau tempelkan tepat diatas bayangan tongkat tersebut hingga ke pangkal tongkat, setelah itu cabutlah tongkat, maka tanda atau garis itulah arah kiblat yang benar. 
5. Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, persiapannya jangan mepet waktu, lakukan persiapan jauh-jauh waktu sebelumnya.

selamat mencoba.

Menentukan Arah Kiblat Menentukan Arah Kiblat Reviewed by BERBAGI INFO BAGUS on 4:58 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.