Banyak Minum Air Putih Lebih Sehat " Berapa Takarannya? "

Mengkonsumsi air putih penting bagi tubuh. Organ ginjal misalnya, akan tetap terhidrasi jika konsumsi air putih tercukupi. Sebaliknya, kerja ginjal akan berat jika kurang cairan. Fungsi ginjal sendiri adalah untuk menyaring darah dari zat-zat yang bisa dipakai oleh tubuh dan dipisahkan dengan zat racun yang dibuang melalui urine.

Konsumsi air putih setiap hari baik dilakukan sebelum tidur dan bangun tidur. Setelah bangun tidur dipagi hari, konsumsi air putih 1000 cc atau 2 botol air mineral ukuran sedang sangat baik bagi kesehatan ginjal dari pada langsung minum kopi atau teh. Nah berapa banyak seharusnya? kita harus balance/imbang dalam minum air putih, pengeluaran dan pemasukan. Cara menghitungnya adalah dengan menghitung sesuai dengan barat badan. Menghitung jumlah konsumsi air putih atau 1 cc perkilogramnya berat badan perjam. Hasilnya adalah jumlah urine dalam kondisi normal.

Misal berat badan 51 kg, urinnya dalam 24 jamnya 1200 cc plus pengeluaran lain seperti uap udara dan keringat normalnya 400-600. Jadi totalnya 1700 cc yang dikeluarkan. Dengan jumlah ini jika satu gelas adalah 200 cc,maka konsumsi air putih sehari untuk seseorang dengan berat badan 51 kg adalah 8-9 gelas. Jika lebih banyak maka malah lebih bagus sekali. Dalam studi tidak ada orang yang meninggal karena kebanyakan minum jika ginjalnya baik. Namun jika sudah menderita gagal ginjal, air yang dikonsumsi harus dibatasi. Karena yang 1200 cc tadi tidak terbuang sempurna sehingga penderita gagal ginjal hanya boleh minum sedikit saja, sehingga para penderita gagal ginjal tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang berat berat karena bisa mengakibatkan cepat haus dan dehidrasi.. Sebaliknya jika ginjal masih normal malah bagus minum air putih yang banyak.
Semoga bermanfaat, mari biasakan minum air putih untuk kesehatan tubuh kita.

Banyak Minum Air Putih Lebih Sehat " Berapa Takarannya? " Banyak Minum Air Putih Lebih Sehat " Berapa Takarannya? " Reviewed by BERBAGI INFO BAGUS on 6:58 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.