Bayi Susah Tidur, Apa Penyebanya ???

Masalah tidur pada bayi sering muncul dan membuat orang disekitarnya terutama ibu kerepotan mengatasinya. Sebaiknya ketahui dulu penyebab bayi susah tidur, sehingga ibu segera dapat mengatasinya. Berikut ini beberapa penyebab bayi susah tidur :

1. Bayi Merasa lapar
Bayi yang rewel dan susah ditidurkan, baik disiang hari atau malam hari bisa saja disebabkan karena lapar. Coba susui sikecil jika ia susah ditidurkan. Selain itu bayi yang sudah mendapatkan MPASI bisa juga diberikan makan terlebih dahulu supaya perutnya tidak lapas dan mau segera tidur, namun sebaiknya berikan makan 1-2 jam sebelum menjelang tidur.

2. Popok bayi basah atau kotor
Seringkali ibu lupa mengecek popok sikecil, padahl sudah basah atau terkena kotorannya karena dia sdh buang air besar. Hal ini akan membuat sikecil merasa tidak nyaman dan sulit untuk ditidurkan. Usahakan untuk sering mengecek popok sekali pakai sikecil dan ganti jika sudah penuh atau terkena kotoran BAB nya, begitu juga pada saat malam hari. Popok yang bersih akan membuat sibayi nyaman dan mudah tidur lebih nyenyak.

3. Baju yang dikenakan tidak nyaman
Bayi bisa saja susah tidur karena baju yang dia pakai tidak nyaman baginya. Pakaikanlah baju bayi yang berbahan lembut, nyaman dipakai dan tidak membuat bayi gerah. Perhatikan juga ukuran bajunya, jangan pakaian baju yang terlalu sempit untuk tubuhnya maupun kedodoran karena akan membuat sibayi tidak bebas dalam bergerak.

4. Gangguan Kesehatan
Perhatikan sibayi, apakaj dia ada batuk, pilek, demam dan hidung tersumbat, segera tangani atau pergi berobat jika dibutuhkan. Bayi yang mengalami gangguan kesehatan bisanya rewel dan susah ditidurkan.

5. Kamar bayi kurang nyaman
Kondisi kamar bayi yang kurang atau tidak nyaman bisa membuat sibayi susah tidur. Suhu kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuatnya tidak bisa tidur atau tidak mau tidur. Sehingga untuk ini ibu perlu memperhatikan ventilasi udara dikamar sikecil. Selain itu jika dimalam hari sibayi susah tidur bisa juga karena lampu terlalu terang. Gunakan lampu kamar yang redup dimalam hari, sehingga tidak membuat silau.

6. Tubuh bayi tidak segar
Tubuh bayi yang tidak segar karena lengket oleh keringat bisa membuat susah tidur juga baik disiang atau malam hari. Untuk itu selalu mandikan bayi 2 kali dalam sehari,beri juga minyak telon, bedak yang wangi dan body lotion. Hal-hal ini akan membuat tubuhnya terasa segar dan dapat membuatnya tidur nyenyak. Jika jarak mandi dan tidur bayi cukup lama dan bayi banyak melakukan aktivitas, tubuhnya bisa dilap air basah dan dibedaki lagi sebelum tidur akan tidak terjadi rasa lengket dan rasa tidak enak linnya pada sibayi, sehingga kesegaran tubuhnya terjaga dan tidak mengalami susah tidur.

7. Pembiasaan orang tua
Terkadang, bayi bisa tidur karena ada benda tertentu yang bisa didekatnya menjelang tidur, seperti empeng atau dot. Tanpa kehadiran benda - benda ini, bayi susah tidur.  Jika suatu ketika dot atau empeng kesayangannya hilang, ibu akan kerepotan karena bayi akan rewel. Oleh karena itu, sebaknya benda-benda ini tidak dibiasakan pada bayi anda.

8. Mengajak bayi bermain mendekati waktu tidur
Jika orang tua mengajak bayi bermain mendekati waktu tidurnya, bisa membuatnya senang sekaligus kelelahan. Hal akan membuat bayi sulit diajak tidur. Usahakan untuk tidak mengajaknya bermain ketika bayi sudah mulai ngantuk.

Semoga bermanfaat

Bayi Susah Tidur, Apa Penyebanya ??? Bayi Susah Tidur, Apa Penyebanya ??? Reviewed by BERBAGI INFO BAGUS on 7:37 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.