Hewan Paling Beracun " Box Jellyfish "

Ular kobra, gurita bercincin biru,kalajengking, ataupun laba-laba pengembara brazil merupakan hewan-hewan yang sangat beracun. Namun diatas semua itu, masih ada satu hewan lain yang memiliki racun paling mematikan. Hewan tersebut adalah Box Jellyfish atau ubur-ubur kotak (Chironex fleckeri ). Sejak tahun 1954, tercatat sebanyak 5.567 orang tewas tersengat tentakel atau sungut mereka yang panjangnya mencapai 3 meter. Angka kematian kemungkinan lebih dari itu.

Seperti dikutip dari dumage, 19 April 2011, racun ubur-ubur satu ini merupakan yang paling mematikan didunia. Jika tersengat, racun akan menyerang jantung, sistem syaraf dan sel-sel kulit. Dan parahnya, racun box jellyfish sangat menyakitkan sehingga orang yang terkena akan mengalami shock, serangan jantung atau tewas tenggelam sebelum mampu keluar dari air. Mereka yang berhasil selamat dari seranga ubur-ubur kotak akan mengalami kesakitan beberapa minggu setelah bersentuhan dengannya. Padahal, manusia tidak memiliki peluang untuk selamat jika racunnya sudah menyebar kepembuluh darah. Mereka yang terkena racun ubur-ubur kotak ini harus diberi cuka setidaknya 30 detik setelah bersentuhan. Menurut penelitian, cuka mengandung asam asetat yang mampu melumpuhkan nematocysts atau racun ubur-ubur yang belum masuk kedalam aliran darah ( meski langkah ini tidak menghilangkan rasa sakit).

Mengenakan pakaian renang yang menutupi tubuh saat berenang dilaut merupakan salah satu tindakan pencegahan yang baik untuk mengurangi resiko ubur-ubur menyerang kaki. Ubur-ubur ini hidup di perairan asia dan australia. waspadalah.
semoga bermanfaat

Hewan Paling Beracun " Box Jellyfish " Hewan Paling Beracun " Box Jellyfish " Reviewed by BERBAGI INFO BAGUS on 1:04 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.