AWAN CUMULONIMBUS SANGAT BERBAHAYA BAGI PENERBANGAN



Awan cumulonimbus adalah awan yang sangat menakutkan bagi pesawat terbang, dia mampu mematikan mesin pesawat terbang sehingaa tidak bisa beroperasi/mesin mati, konon jatuhnya pesawat Air Asia QZ-8501 disebabkan awan ini. Karena bahayanya sampai-sampai banyak orang tua mencegah anak-anak mereka bercita-cita menjadi pramugari, karena keberadaannya yang bisa muncul sewaktu waktu menjadikan awan ini sangat ditakuti, sehingga sangat wajar jika awan yang satu ini disebut hantu bagi pesawat terbang. Berikut hal-hal yang mampu dilakukan oleh awan cumulonimbus pada pesawat.

HUJAN ES
Bila kita lihat dari darat, awan cumulonimbus memang nampak cukup menakutkan dengan bentuknya yang bergerombol itu, namun didalamnya jauh lebih mengerikan. Hujan es bisa terjadi dan dapat menyebabkan kerusakan parah pada badan pesawat. Pada beberapa kasus, es yang masuk ke mesin pesawat juga bisa menyebabkan mati dan memberikan masalah yang cukup serius bagi pilot meski dia sudah dilatih untuk mempertahankan pesawat dari hantaman kristal es. Es pernah menyebabkan tragedi penerbangan, yakni jatuhnya pesawat Air France 447 dibulan juni 2009 disamudra atlantik.

HALILINTAR
Petir atau Halilintar adalah komponen cuaca yang tidak bisa dipisahkan dari kehadiran awan cumulonimbus. Menurut badan keamanan penerbangan amerika,FSF,setidaknya sebuah pesawat komersil terkena petir satu tahun sekali. Dalam beberapa badai super, halilintar yang dihasilkan dapat membuat pesawat mengalami masalah kelistrikan parah atau kerusakan badan pesawat yang mengakibatkannya jatuh.

ALIRAN UDARA EKSTRIM
Ini terjadi akibat perbedaan kecepatan angin yang berbeda diketinggian tertentu. Aliran udara super kuat tersebut muncul biasanya saat awan badai atau cumulonimbus terbentuk. Menurut ilmuwan, aliran udara itu dapat menghasilkan angin dengan kecepatan luar biasa, hingga 241 kilometer per jamnya. Dengan angin sekuat itu, pesawat terkuatpun bisa terhempas.

TURBULENSI
Jika pada sebuah pesawat secara mendadak terjadi turbulensi karena awan culumonimbus maka pesawat akan kehilangan tenaga. Turbulensi sejatinya adalah goncangan-goncangan yang terjadi pada pesawat saat terbentur dengan massa udara yang datang dengan kecepatan tinggi. Jika diibaratkan, turbulensi mirip dengan menabarak polisi tidur saat tengah berkendara.



AWAN CUMULONIMBUS SANGAT BERBAHAYA BAGI PENERBANGAN AWAN CUMULONIMBUS SANGAT BERBAHAYA BAGI PENERBANGAN Reviewed by BERBAGI INFO BAGUS on 7:01 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.